Kelompok Bermain Nusa Indah Desa Trahan Kecamatan Sluke Kabupaten Rembang yang berdiri sejak tanggal 1 oktober 2009 dengan jumlah murid umur 2 sampai dengan 4 tahun ada 33 murid pada akhir bulan juni tahun 2010 lulus 12 anak masuk TK dan ada lagi anak yang masuk tahun ajaran 2010 dan 2011 jumlah 30 anak terdiri 20 anak laki laki dan 10 anak perempuan terdiri 2 kelas A dan B dengan jumlah pendidik 3 orang Guru atau Pendidik dengan suka rela mengajar atau mendidik dengan sabar tanpa keluh kesah walaupun belum ada bantuan datang dari pemerintah .
Pendidikan dimulai hari Senin , Selasa , Rabu , Kamis dari pukul 8.00 wib dimulai dan pukul 10.00 wib selesai. Pendidikan yang menyenangkan dimulai Baris, Senam, Salam pada awal pelajaran, Menyanyi, Tepuk, Ikrar, Doa, Absen, Pelajaran Inti Tahfidz ( menghafal surat pendek ) , Doa harian , Demonstrasi, Bercerita, Gerak dan Lagu, Bermain Peran , Istirahat , Doa , Bermain bebas, Penutup , Bernyanyi , Doa dan di akhiri Salam penutup.
BBCT atau Pendekatan Sentra dan Lingkaran adalah Pendekatan penyelenggaraan PAUD yang berfokus pada anak yang dalam proses pembelajarannya berpusat di sentra main dan saat anak dalam lingkaran dengan menggunakan 4 jenis pijakan untuk mendukung perkembangan anak.
Metode Pembelajaran BCCT Berbasis pada 9 Kecerdasan yang disimpulkan menjadi 3 Konsep ( Linguistik, Interpersonal dan Spiritual ) yang memiliki 3 Ruang Yakni : - Ruang Logika , Ruang Ekspresi , Ruang Alam.
Anak individu Unik , Anak belajar melalui permainan, Anak Peneliti/ penjelajah yang andal, Anak pemimpin alami bermain, Anak tidak berfikir seperti orang Dewasa, Anak peniru yang ulung, Anak senang Trial dan Error.
Anak diharapkan tuimbuh berkembang menjadi anak yang kreatif, mandiri, dan kepribadian yangmana sangat di butuhkan kepekaan dan ketanggaspan dalam menstimulasinya sehingga dapat menjadi Pewaris dan Penerus Bangsa.
Pengertian PAUD yaitu Upaya Pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai usia 6 th. Alasan mengapa perlu PAUD ? Sampai pada usia 4 th perkembangan intelektual Anak mencapai 50 % Sampai pada usia 6 th perkembangan intelektual Anak mencapai 80 % Pembentukan Dasar Kepribadian, Kaitan Gizi dan Kesehatan, Fakta Empiris : Angka Partisipasi PAUD di Indonesia merupakan salah satu terendah di Dunia. Investasi untuk PAUD dalam 1 th dapat menghasilkan keuntungan 3x lipat bagi Pemerintah.
Tujuan PAUD
1.Mengembangkan semua Potensi anak baik fisik maupun mental agar siap memasuki pendidikan lebih lanjut.
2.Menumbuh kembangkan pengetahuan, sikap dan ketrampilan.
1.Mengembangkan semua Potensi anak baik fisik maupun mental agar siap memasuki pendidikan lebih lanjut.
2.Menumbuh kembangkan pengetahuan, sikap dan ketrampilan.
Fungsi PAUD
1. Fungsi Adaptasi
2. Fungsi Pengembangan
3. Fungsi Bermain
1. Fungsi Adaptasi
2. Fungsi Pengembangan
3. Fungsi Bermain
Prinsip Pembelajaran PAUD
1. Berorientasi pada kebutuhan anak
2. Berpusat pada anak
3. Dilaksanakan dalam suasana bermain ( belajar melalui bermain )
4. Dilaksanakan secara bertahap dan berulang-ulang
5. Mengembangkan semua aspek kecerdasan
6. Merangsang munculnya kreatifitas dan inovasi
7. Memanfaatkan Lingkungan sebagai sumber dan media pembelajaran
8. Menggunakan pembelajaran tematik
9. Merangsang semua inderanya
1. Berorientasi pada kebutuhan anak
2. Berpusat pada anak
3. Dilaksanakan dalam suasana bermain ( belajar melalui bermain )
4. Dilaksanakan secara bertahap dan berulang-ulang
5. Mengembangkan semua aspek kecerdasan
6. Merangsang munculnya kreatifitas dan inovasi
7. Memanfaatkan Lingkungan sebagai sumber dan media pembelajaran
8. Menggunakan pembelajaran tematik
9. Merangsang semua inderanya
Demikian sedikit gambaran hasil yang dapat kami sajikan dalam kegiatan pembelajaran di KB Nusa Indah.
Desa Trahan Kecamatan Sluke Kabupaten Rembang Jawa-Tengah Indonesia .
Wassalamualaikum Wr Wb
Pengelola PAUD KB Nusa Indah
Hj. N.H Listatik
Tidak ada komentar:
Posting Komentar